Home » » TIPS : Beberapa Kebiasaan yang Merusak Gadget

TIPS : Beberapa Kebiasaan yang Merusak Gadget

Perkembangan alur informasi yang semakin cepat membuat perubahan dalam dunia gadget, dimana dahulu kala spesifikasi hardware melebihi dari softwarenya sehingga hardware dapat hidup cukup lama dengan baterai namun sekarang ini terbalikannya dimana software diatas spesifikasi hardware, alhasil  kebutuhan hardware untuk menyeimbangkan dengan software harus dilakukan dengan melakukan penambahan kecepatan prosesor dan RAM, namun sayangnya penambahan tersebut menambah konsumsi daya yang dibebankan pada baterai ponsel, sehingga baterai tidak dapat mampu menghidupkan gadget dalam waktu yang lama.

Sekarang ini dalam kondisi idle baterai pada gadget biasanya mampu bertahan untuk 2-4 hari, namun apabila digunakan dalam work time yang tinggi baterai hanya dapat bertahan kurang dari 12 jam saja. Tentunya user membutuhkan minimal saat mulai terbangun dari tidurnya hingga malam menjelang tidur tentunya membutuhkan waktu lebih dari 12 jam. Dengan hal tersebut user berkemungkinan menggunakan gadget saat melakukan pengecasan. Hal ini merupakan salah satu yang lumrah dilakukan oleh pengguna gadget, namun tahukan anda, kalau itu adalah perbuatan yang dapat merusak baterai ponsel anda. Berikut ini adalah kebiasaan yang salah dalam penggunaan gadget.

  1. Menggunakan Gadget saat sedangan Melakukan pengisian 
  2. Hal ini yang sering dilakukan oleh hampir seluruh gadget. Menggunakan gadget anda saat sedang dalam pengisian baterai sangat tidak dianjurkan. Kebiasaan ini akan mengakibatkan Baterai anda akan cepat bocor arusnya, karena baterai tidak cocok melakukan pengisian dan pengeluaran arus secara bersamaan, tentunya jika baterai saat diisi arus dan mengeluarkan arus juga maka baterai akan terjadi gesekan ion yang akan mengakibatkan arus yang masuk akan keluar dalam kondisi fisik akan terlihat baterai yang bocor arus akan terlihat menggembung.
  3. Mengisi Baterai Gadget ketika Gadget dalam kondisi panas
  4. Kebiasaan ini bukan hal yang baik, diakibatkan ketika gadget dilakukan pengisian baterai saat panas akan menganggu konduktasi yang berada ponsel, termasuk ion-ion baterai, dampaknya ion akan merusak konduktasi dari baterai hal ini akan mengakibatkan kerusakan pada baterai gadget anda.
  5. Mengecas apabila Gadget benar-benar mati
  6. Hal ini bukan kebiasaan yang bagus juga karena memaksakan baterai untuk bekerja lebih
    maksimal. Pada dasarnya baterai memiliki daya cadangan yang biasanya sebesar 5-10% daya total dari baterai tersebut dalam keadaan darurat. Namun apabila daya cadangan ini digunakan terus menerus maka akan merusak daya baterai sehingga akan terjadi kebocoran daya pada baterai. Untuk menghindari hal ini biasakan untuk melakukan pengecasan ketika gadget memberikan notifikasi baterai habis sehingga anda bisa mematikan dan melakukan pengisian baterai gadget anda.
  7. Mengecas dengan Perangkat yang tidak sesuai
  8. Sekarang ini semua port dari adaptor menuju ke gadget biasa menggunakan mini USB hal ini mengakibatkan kini banyak orang menggunakan charger sembarangan karena bisa menggunakan charger merek apapun tanpa kita menyadari arus yang mengalir, hal ini mengakibatkan gadget kita bisa dicas dengan arus yang tidak sesuai tentunya hal ini akan
    mengakibatkan beberapa hal antara lain waktu pengisian baterai yang lebih lama bahkan dalam jangka panjang akan merusak komponen dari gadget kita. oleh sebab itu gunakan lah charger bawaan yang memenuhi syarat dari gadget kita.





0 komentar:

Posting Komentar

Translate



Layanan konsultasi & Fast Response

 
Support : ADCADesign | Roossano
Copyright © 2013. LasipaTechno - All Rights Reserved
Powered by
Lasipa Media